Rabu, 29 Februari 2012

Resep Makanan Pokok untuk Anak

CARA PRAKTIS BEKALI ANAK MAKANAN BERGIZI

Sebagai Ibu terkadang kita merasa bingung untuk membekali makan anak kita yang sedang sekolah. Terlebih bila anak susah untuk dibangunkan sehingga mereka tidak sempat untuk sarapan. Padahal sarapan merupakan energi yang penting bagi tubuh untuk melakukan aktivitas terutama bagi anak usia sekolah akan sangat membantu daya pikir mereka sehingga akan menunjang prestasi belajar anak. Namun menu sarapan juga harus diperhatikan agar terpenuhi gizinya.



Sebagai orang Indonesia terkadang kita dihadapkan pada dilema bahwa kalau belum makan nasi berarti belum makan. Padahal makan tidak harus nasi yang penting gizi terpenuhi. Bagi sebagian orang Indonesia sudah mulai merubah pola makannya bahwa makan tidak harus selalu ada nasi. Namun kebanyakan orang Indonesia masih berfikir bahwa nasi adalah makanan wajib yang harus ada di meja makan. Segelas susu dan sepotong kue pun sebetulnya sudah mencukupi untuk memberikan energi bagi tubuh dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Namun menu sarapan seperti ini hanya berlaku bagi sebagian kecil masyarakat Indonesia karena kue/roti bukan makanan pokok kita dan mungkin tidak bisa memberikan rasa kenyang bagi perut.
Berikut ada satu menu praktis dan bergizi serta memenuhi selera orang Indonesia yang dapat dijadikan pilihan untuk membekali anak.
Bahan-bahan :
- Nasi secukupnya
- daging giling
- telur 1 butir
- wortel potong dadu
- Minyak goreng

Bumbu-bumbu :
- bawang merah
- bawang putih
- merica
- garam
- bumbu penyedap rasa

Cara Memasak :
Isi
1. haluskan semua bumbu dan tumis
2. masukkan daging giling sampai setengah matang
3. masukkan wortel aduk bersama daging sampai matang
4. tambahkan bumbu penyedap rasa


Nasi bola
1. taburi nasi dengan sedikit garam dan penyedap rasa
2. aduk hingga merata
3. ambil sedikit nasi pipihkan
4. Isi dengan daging yang sudah dimasak
5. bentuk nasi bulat-bulat seperti bola
6. gulung nasi bola kedalam telur yang sudah dikocok
7. goreng hingga kecoklatan.
8. Nasi siap dihidangkan

Catatan ;
Nasi cukup praktis dibawa si anak karena tidak perlu membawa sendok, cukup dimakan seperti makan kue perut pun terasa kenyang karena memenuhi selera orang Indonesia. Isi nasi pun bisa divariasi dengan ayam, abon, tempe, tahu dan oncom bisa juga ditambahkan lalap seperti daun selada atau timun.

Bagi ibu rumah tangga yang merasa bingung untuk membekali anaknya, nasi bola ini dapat dijadikan pilihan membekali anak agar si buah hati tetap bisa sarapan tanpa menghabiskan waktu di meja makan dan memenuhi selera perut orang Indonesia. Nasi bola ini juga cocok untuk bekal para ibu di kantor bila tidak sempat sarapan bersama keluarga.




---------------------- SELAMAT MENCOBA --------------------------

Salam,
Tutik Fadly

Kunjungi Juga :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar